Sinopsis Novel Surga yang Tak Dirindukan

Bantu Share Ke Teman Anda Dengan Menekan Tombol Dibawah Ini!

Novel karya Asma Nadia yang di cetak pada Juni 2014 ini merupakan novel yang banyak diminati oleh para pecinta novel. Novel ini bercerita tentang seseorang perempuan yang bernama Arini yang sering mendongeng kepada para anak-anak panti asuhan.

Kehidupan di Kerajaan Madina

Dalam salah satu dongengnya ia menceritakan tentang kehidupan di sebuah kerajaan bernama madania, hiduplah sekeluarga yang bahagia sebelum peri jahat datang mengusik kedamaian di keluarga tersebut. Arini memang sangat suka mendongeng kepada anak-anak, sehingga hamper setiap sore ia mendongeng kepada anak-anak di pelataran masjid. Arini merupakan seorang gadis cantik yang kelak akan di lamar oleh laki-laki baik yang bernama Prasetya. Prasetya merupakan seorang mahasiswa jurusan arsitektur di salah satu universitas negeri di Yogyakarta.

Kehidupan di Kerajaan Madina

Kisah ini bermula ketika Arini sedang mendongeng di pelataran masjid, ia mendongeng kepada anak-anak kecil tentang ilmu agama. Ketika sedang mendongeng datanglah Prasetya dengan mengggendong salah satu anak yang terluka aibat jatuh ketika bermain sepeda. Mulai saat itu, Prasetya mulai tertarik terhadap Arini karena kebaikan hatinya yang selalu meluangkan waktu untuk mendongeng buat anak-anak di sekitar sana. Seiring berjalannya waktu Prasetya pun serius ingin menikahi Arini, dan akhirnya mereka pun menikah dan hidup bahagia selama bertahun-tahun. Sebelum menikah, Prasetya di beri wejangan atau di beri amanat oleh ayah Arini agar ia menjaga dan tidak menyakiti Arini anaknya. Mereka dikaruniai 3 orang anak.

Setelah beberapa tahun mereka hidup bahagia tanpa ada masalah berarti bagi keluarganya, akhirnya semua berubah ketika Prasetya menolong Meyrose yang sedang melakukan percobaan bunuh diri karena depresi.  Prasetya terpaksa menikahi Meyrose agar Meyrose mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. Meyrose merupakan seorang wanita yang sedang hamil tua dan akhirnya melahirkan seorang anak yang di beri nama Akbar oleh Prasetya. Alasan prasetya menikahi Meyrose memang dikarenakan ia ingin menyelamtkan nyawa Meyrose dan menyelamatkan masa depan bayi Akbar. Prasetya tidak ingin Akbar lahir tanpa seorang ibu yang akan merawatnya. Pernikahan ini tanpa sepengetahuan Arini, sang istri tercinta.

Suami Arini Menikah Lagi Tanpa Sepengetahuan Arini

Setelah beberapa lama tidak ketauan akhirnya tiba saatnya Arini mengetahui bahwa sang suami menikah lagi. Hal ini yang akan mengusik rumah tangga mereka. Arini mengetahui hal ini ketika I menemukan kwitansi pembelian obat di salah satu apotik. Akhirnya ia menelusuri dan berhasil mengetahui nomer telpon rumah Meyrose. Setelah mengetahui nomer telponnya, akhirnya Arini pun menelpon nomer tersebut dan betapa kagetnya ketika ia mendengar bahwa ada suara seorang laki-laki yang ia kenal sedang menenangkan bayi. Setelah itu ia mencoba menemukan alamat yang sudah ia dapat. Dan pada akhirnya ia melihat sang suami sedang mencium seorang Bayi yang di gendong oleh seorang perempuan cantik yang masih muda. Betapa terkejutnya ARini mengetahui hal tersebut, dan ia pun memberanikan menemui Meyrose yang merupakan istri kedua dari sang suami. Beberapa saat kemudian Prasetya pun mendengar dan langsung pulang untuk menjelaskan hal tersebut kepada Arini.

Hal tersebut yang mengusik kedamaian rumah tangga Arini dan Prasetya yang diibaratkan dalam dongeng Kerajaan Madania. Banyak kelebihan dalam novel Surga yang Tak Dirindukan ini, salah satunya adalah bahasa yang mudah di pahami karena menggunakan bahasa yang sederhana dan kosa kata yang umum digunakan. Novel ini sangat di rekomendasikan untuk di baca karena jalan cerita dalam novel ini yang tidak mudah untuk di tebak. Kekurangan pada novel ini ialah di akhir cerita pada novel ini yang tidak menjawab segala pertanyaan tentang kehidupan setelah Arini dan Meyrose bertemu. Novel ini juga bisa menjadi pelajaran untuk para lelaki agar berpkir dua kali jika ingin melakukan poligami. Walaupun sebenarnya ia juga tidak menginginkan hal tersebut terjadi.