Sinopsis Novel 5 Cm

Bantu Share Ke Teman Anda Dengan Menekan Tombol Dibawah Ini!

Novel yang di karang oleh Dhonny Dirgantoro ini merupakan novel yang sangat laris di kalangan para remaja. Wajar saja jika novel ini laris di kalangan para remaja dikarenakan tema yang di angkat pada novel ini adalah tentang persahabatan. Novel ini memiliki tebal  sekitar 381 halaman, dan diterbitkan oleh PT Grasindo Indonesia. Dalam novel ini sangat kental akan bagaimana persahabatan merupakan hal yang paling penting di atas segalanya. Mereka sangat menjaga antara yang satu dengan yang lain, dan selalu mengutamakan tali persahabatan di antara mereka. Novel ini diperankan dengan tokoh yang bernama Zafran, Ian, Arial, Genta, dan Riani. Mereka sudah menjalin persahabatan kurang lebih selama 7 tahun lamanya. 7 tahun bukanlah waktu yang singkat, mereka sudah mengenal karakteristik dan ciri khas dari masing-masing mereka.

Kekentalan Tali Persahabatan Dalam Novel 5 Cm

Setelah 7 tahun menjalin persahabatan, maka mereka diliputi rasa kebosanan antara yang satu dengan yang lain. Melihat hal ini, akhirnya mereka membuat kesepakatan bahwa mereka tidak akan berkomunikasi selama 3 bulan. Selama 3 bulan itu dilarang untuk menanyakan apapun dan beromunikasi lewat apapun diantara mereka.  Apabila mereka berhasil maka mereka akan melakukan perjalanan yang sangat seru. Dalam waktu 3 bulan tersebut mereka diterpa berbagai hal baru dalam persahabatan mereka. Mereka sangat merindukan antara satu dengan yang lain. Riani yang mencintai salah satu diantara sahabatnya tersebut, Genta yang lebih memilih mencintai Arini dalam diam, dan Zafran yang merindukan adik Arial, yang merupakan sahabatnya sendiri. Setelah 3 bulan, mereka berhasil untuk tidak berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. Untuk mengobati rasa rindu tersebut mereka akhirnya memutuskan untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Dimana gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Kekentalan Tali Persahabatan Dalam Novel 5 Cm

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa ketika sudah sampai di puncak mahameru, kita seakan akan melihat surga dunia yang ada di Bumi Pertiwi. Di dalam perjalanan ini lah banyak sekali pelajaran-pelajaran seta masalah-masalah yang dihadapi oleh kelima sahabat ini. Persahabatan mereka benar-benar diuji, apakah mereka akan lebih mementingkan diri sendiri mereka atau mereka akan tetap bersama dalam kondisi apapun. Dalam novel ini penulis juga sangat pintar dalam mengemas sebuah jalan cerita yang tidak membuat bosan para pembacanya. Penulis mengemas sebuah perjalanan persahabatan itu dengan kisah percintaan yang manis yang sulit ditebak oleh para pembaca. Penulis juga menularkan kata-kata nasionalisme melalui dialog-dialog tokoh pada novel tersebut.

5 Cm Sangat Direkomendasikan Kepada Para Remaja

Dalam novel ini jika kita perhatikan, Dhonny Dhirgantoro menggunakan bahasa yang sangat kental akan bahasa anak muda Jakarta. Bahasa nya cukup ringan dan mudah dipahami oleh khususnya para remaja. Dalam novel ini juga sering disisipkan lirik lagu yang memiliki kata yang asing, sehingga membuat para pembaca menjadi lebih tertarik untuk membaca dan tidak bosan. Karena penggunaan bahasa dalam novel tersebut tidak lah monoton. Pesan moral dan makna dari novel 5 cm ini juga sangat kental akan persahabatan pada kaum remaja. Dimana kelima tokoh tersebut lebih mementingkan persahabatannya dibandingkan apapun termasuk soal perasaan yang sering menjadikan hancur suatu persahabatan. Untuk kekurangan novel 5 cm ini adalah penulis terlalu berlebihan dalam menuliskan lirik-lirik lagu pada novel ini. Sehingga dapat membuat bingung para pembaca awam yang tidak mengetahui lagu tersebut. Namun, secara keseluruhan novel ini sangat direkomendasikan untuk di baca, terutama bagi kaum remaja yang biasanya memiliki lingkar persahabatan yang erat.