Serial Novel Harry Potter Yang Wajib Kamu Tahu

Bantu Share Ke Teman Anda Dengan Menekan Tombol Dibawah Ini!

Siapa yang tidak mengenal Harry Potter? Judul novel yang diambil dari nama seorang bocah hasil pernikahan dua orang penyihir ini menceritakan tentang takdir anak laki-laki bernama Harry Potter yang diramalkan akan menjadi penyihir besar dan mampu mengalahkan pangeran kejahatan yang dikenal sebagai Lord Voldemort. Harry Potter merupakan serial novel karya Joanne Kathleen Rowling, dikenal dengan J.K. Rowling yang diproduksi sebanyak tujuh buah seri novel. Penulis berkebangsaan Inggris ini telah menerbitkan serial Harry Potter sejak tahun 1997 hingga 2008. Karya-karyanya dalam Harry Potter memiliki judul Harry Potter and The Philosopher’s Stone,  Harry Potter and The Chamber of Secret, Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, Harry Potter and The Goblet of Fire, Harry Potter and The Order of Phoenix, Harry Potter and The Half-Blood Prince, dan Harry Potter and The Deathly Hallows. Novel-novel tersebut digemari oleh banyak orang dan mampu menjadi best selling dalam penjualannya. Hal tersebut membuat novel Harry Potter berkesempatan untuk menjadi karya tulis yang difilmkan.

Pada seri pertama novel dengan judul Harry Potter and The Philosopher’s Stone, dikisahkan takdir seorang anak laki-laki yang hidup bersama dengan keluarga bibinya. Saat itu, nama Harry Potter telah dikenal oleh berbagai kalangan penyihir karena mampu menahan kutukan yang diberikan oleh penyihir terjahat sepanjang masa, yaitu Lord Voldemort. Kedua orang tua Harry Potter, yakni James Potter dan Lily Potter meninggal saat Harry masih bayi karena berusaha melawan Lord Voldermort untuk melindungi Harry. Harry tumbuh menjadi anak yang pemberani dan bergabung pada Hogwart School, sekolah sihir yang diketuai oleh Albus Dumbledore. Harry Potter berhasil masuk dalam asrama Gryffindor, tempat dimana penyihir pintar dan berani berkumpul. Di sana, dia bertemu dengan kedua orang yang kemudian menjadi sahabat sejatinya, yaitu Ronald Weasley dan Hermione Granger.

Harry-Ronald-Hermione Menghadapi Pencuri Batu Bertuah

Pada seri novel pertama, diceritakan kisah tiga orang sahabat ini, Harry-Ronald-Hermione. Dalam melawan penjahat yang akan mencuri batu bertuah, yaitu batu untuk membuat orang hidup selamanya. Setelah berhasil menyelamatkan batu bertuah, ketiga sahabat ini menjadi banyak dikenal oleh para penyihir di Hogwart. Hingga pada serial ke dua, Harry-Ronald-Hermione kembali dihadapkan dengan tantangan kamar rahasia yang menyimpan monster menyeramkan bernama Basilisk. Basilisk merupakan ular yang telah hidup ratusan tahun lamanya dan memangsa para penyihir darah kotor (penyihir yang tidak berasal dari keluarga penyihir). Setelah melawan melawan Basilsk, serial novel selanjutnya, Harry Potter and Prisoner of Azkabar menceritakan tentang pertemuan Harry dengan Sirius Black. Sahabat ayah Harry yang dituduh menghianati  James Potter tersebut. Namun, kesalahpahaman yang terjadi dapat terselesaikan dengan menangkap pelaku pembunuh orang tua Harry Potter.

Artikel Terkait: Review Novel Twilight Saga: Breaking Dawn

Berlanjut pada serial novel Harry Potter and Goblet of Fire, dikisahkan perjuangan Harry Potter dalam mengikuti turnamen sihir yang kemudian membawa pertemuannya kepada Voldermort. Mengetahui bahwa pangeran kegelapan tersebut telah bangkir, para pejuang orde yang bertugas melawan Voldemort mempersiapkan diri untuk melawan. Hal ini dikisahkan secara lengkap dalam serial Harry Poter and The Order of Phoenix. Profesor Snape, guru sihir Harry yang merupakan orang kepercayaan Dumbledore tidak bergabung ke dalam orde tersebut, tetapi ditugaskan menjadi mata-mata Voldermort. Kisah Snape diceritakan pada serial Harry Potter and The Half-Blood Prince. Akhirnya, setelah mengetahui kelemahan dari Voldermort, Harry Potter beserta pasukannya berusaha menaklukkan Voldemort. Pertempuran pasukan Harry Potter dan Voldermort diceritakan dalam serial terakhir Harry Potter and The Deathly Hallows. Jadi, tujuh buah serial Harry Potter merupakan rangkaian novel yang membahas kehidupan masa kecil Harry Potter hingga mampu menjawab takdirnya untuk mengalahkan Voldemort.