Menelusuri Filsafat dengan Menyelami Dunia Sophie

Bantu Share Ke Teman Anda Dengan Menekan Tombol Dibawah Ini!

Menelusuri Filsafat dengan Menyelami Dunia Sophie Seorang gadis kecil bernama Shopia merasakan keanehan dengan dirinya sendiri, ayahnya sedang bertugas di dalam perang jauh di sana. Suatu hari Shopie mendapatkan surat aneh yang tergelatak begitu saja di depan rumahnya, surat itu tidak memiliki alamat pengirim yang jelas, surat itu hanya dibawa oleh seorang anjing yang pada hari berikutnya juga membawakan surat aneh untuk Shopie.

Surat itu berisi hal-hal filosofis dansebenarnya susah dimengerti oleh Shopie yang masih dalam usia anak SD, namun pada dasarnya Shopia adalah anak yang cerdas dan dengan keras berusaha memahami surat-surat yang berdatangan. Di tambah lagi dengan surat dari ayahnya yang jauh di sana, surat itu juga berisi hal-hal yang aneh, cerita yang filosofis dan susah dimengerti. Dunia Shopie adalah sebuah novel filsafat, bagi yang menempuh pendidikan filsafat atau yang sedang menekuni dunia filsafat pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Dunia Shopie. Bacaan ini juga bagus bagi yang ingin mengetahui sedikit-sedikit tentang filsafat, novelĀ  Dunia Shopie sangat tebal, mencapai lebih dari 500 halaman, membutuhkan waktu yang lebih untuk membaca habis novel ini, apalagi pemahaman juga dibutuhkan untuk menelaah setiap peristiwa yang terjadi di dalam adegan demi adegan dalam cerita. Tokoh-tokoh filsafat hampir semuanya diperkenalkan dalam novel Dunia Shopie, sebelumnya Anda pasti penasaran siapakah Shopie itu? Sophie adalah anak kecil dalam cerita yang sebenarnya Shopie adalah Anda sendiri. Melalui perjalanan Shopie, Anda diajak untuk menyelam dalam menyelami sebuah perjalanan filsafat di dalam diri. Sesungguhnya filsafat itu mudah, cukup dengan mengetahui diri maka Anda akan dengan mudah untuk memahami filsafat. Filsafat sendiri adalah upaya berpikir secara mendalam mengenai suatu hal, bahkan semua hal di dalam kehidupan ini adalah sebuah kejadian filosofis. Sulit memang untuk memahami novel Dunia Shopie, Anda bisa jadi dibuat sangat bosan, sangat kebingungan, dan sangat pusing dengan semua kejadian aneh di dalam Dunia Shopie, sebenarnya inti dari cerita bukan hanya berfokus pada Shopie itu sendiri, namun lebih pada upaya berpikir filosofis dan mengetahui sekilas mengenai cara berpikir tokoh-tokoh filsafat di dalam Duni Shopie.

Mempelajari filsafat bagi mayoritas orang dianggap sebagai jalan menuju sebuah kegilaan, namun belajar filsafat adalah belajar kehidupan itu sendiri. Tak ada yang tak dapat dipikirkan dan ditelaah tanpa filsafat. Filsafat sendiri dalam Dunia Shopie adalah sebuah dasar dari kehidupan. Di beberapa perguruan tinggi bahkan mensyaratkan buku Dunia Shopie sebagai bahan bacaan wajib terhadap mata kuliah tertentu. Bila Anda mengetahui ada beberapa orang yang akhirny menjadi gila akibat belajar filsafat terlalu dalam, itu bukan salah filsafat itu sendiri, namun kesalahan dari pemahaman orang yang mempelajari filsafat itu sendiri.

BACA JUGA : Novel Best Seller Indonesia Yang Selalu Melekat Di Hati Pembaca

Orang yang belajar filsafat harus memegang prinsip terlebih dahulu, ketika ia sudah kuat memegang prinsipnya, maka selanjutnya apabila ia mengalami benturan dalam proses penalarannya, ia dapat membandingkan dan menimbang secara baik. Mempelajari banyak hal memang baik, namun akan lebih baik lagi kalau hal tersebut dipelajari secara keseluruhan dan dibenturkan dengan pemahaman. Bukannya malah ditelan mentah-mentah saja, orang yang berbelok biasanya hanya menelan mentah-mentah apa yang ia pelajari dan bukannya memahami. Meskipun pada intinya seseorang akan berubah seiring dengan berjalannya waktu dan ilmu yang bertambah pula, namun prinsip hidup itu tetap perlu. Itulah kiranya yang terkandung di dalam novel Dunia Shopie.