Evolusi Jiwa dalam In The Sea Of Stars

Bantu Share Ke Teman Anda Dengan Menekan Tombol Dibawah Ini!

Evolusi Jiwa dalam In The Sea Of Stars Anda pernah mendengar yang namanya Reinkarnasi? Apa Anda mempercayai yang namanya Reinkarnasi? Percaya atau tidaknya itu kembali pada diri Anda sendiri, kali ini penulis akan membahas mengenai sebuah novel yang menceritakan tentang reinkarnasi itu sendiri, dalam hal ini adalah kisah cinta yang belum selesai di masa lalu dan berlanjut sampai sekarang. Sebelumnya, apa itu reinkarnasi? Reinkarnasi adalah pengulangan, asal bahasanya berasal dari bahasa Latin re-in-carnais. Carnais artinya daging dan re kembali, maka reinkarnasi artinya adalah mengulang kembali menjadi daging dengan wadah yang berbeda. Sebab jiwa tak pernah mati meski raga hancur. Jiwa akan selalu melakukan perjalanan spiritualnya sampai pemahaman spiritual tercapai pada masa yang tepat. Dalam beberapa agama, hal-hal mengenai reinkarnasi ini tidak dibenarkan, apabila seseorang meninggal dunia, maka ia akan langsung ditempatkan pada dunia yang berbeda dan tidak akan kembali lagi pada kehidupan nayata. Dalam novel In The Sea Of Stars karangan Citra Prima, reinkarnasi ini terjadi, bahkan jiwa-jiwa di dalam tokoh cerita tersebut sudah mengalami evolusi.

Adalah Tantra, tokoh di dalam cerita In The Sea of Stars, ia adalah seorang psikiater holistik, terapis dan juga past life regressor. Tantra memiliki banyak sekali client dengan latar yang berbeda-beda, ia mampu melihat masa lalu si client dan mengaitkannya dengan kehidupannya di masa kini. Misalnya saja, seseorang yang memiliki tanda lahir di dada kirinya, itu adalah sebuah tanda atau bekas luka yang mengakibatkan kematiannya di masa lalu, kematian orang tersebut di masa lalu adalah akibat terkena anak panah. Ada banyak lagi contoh kasus yang dapat ditangai oleh Tantra, ia dapat membuat client berada dalam posisi sadar dan sembuh dari trauma yang dialaminya. Inti dan penekanan dalam novel ini adalah mengenai reinkarnasi dan evolusi jiwa itu sendiri. Kehidupan yang dijalani sekarang adalah bagian dari kehidupan di masa lalu yang belum selesai. Entah itu masih ada masalah yang perlu diselesaikan atau pemahaman dari jiwa-jiwa yang belum usai. Diangkat pula kisah Ken Dedes dan Ken Arok di masa lalu yang saling mencintai hingga membuat Ken Dedes menghianati Tunggul Ametung, suaminya. Ken Arok akibat dari rasa cintanya pada Ken Dedes juga memberanikan diri untuk membunuh Tunggu Ametung, hal itu pun dilakukan di depan mata Ken Dedes. Apalagi saat itu Ken Dedes dalam keadaan mengandung anak dari Tunggul Ametung, ketika anak itu dewasa ia kemudian membunuh Ken Arok.

Kalau dipahami, Tantra adalah reinkarnasi dari sosok Ken Dedes, sementara Ken Arok menjelma dalam bentuk lain yakni Raja. Keduanya memiliki kesempatan untuk bertemu lagi di kehidupan yang moderen dan serba canggih. Perasaan suka dan cinta juga kembali tumbuh antara Tantra dan Raja di usia mereka yang sudah mencapai angka 40-an. Sayangnya Raja sudah memiliki istri dan terus saja memberikan janji untuk meninggalkan anak dan istrinya tersebut demi Tantra. Namun nyatanya, janji itu hanya sekedar janji yang tak kunjung dipenuhi. Meskipun Tantra dan Raja sudah menikah sah secara agama, namun pernikahan itu hanya untuk melegalkan hubungan seksual sebab keduanya sudah tak mampu lagi menahan nafsu ketika bertemu. Pada akhirnya, Tantra belajar dari masa lalu bahwa apa yang ia lakukan tidak benar dan memutuskan untuk meninggalkan Raja. Seseorang bisa saja menjalani kehidupannya berulang, namun dengan jalan yang berbeda.

 

2 thoughts on “Evolusi Jiwa dalam In The Sea Of Stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *