Novel Memoar Yang Diadaptasi Dari Kisah Sejarah Indonesia

Novel Memoar Yang Diadaptasi Dari Kisah Sejarah Indonesia

Untuk memahami kisah sejarah dari Indonesia sendiri tidak hanya bisa melalui satu buah buku saja. Banyak sekali penulis serta sastrawan yang ada di Indonesia yang menuliskan berbagai catatan sejarah di dalam sebuah novel memoar pada kemudian hari. Hal ini tentunya dilakukan dengan alasan tersendiri.

Saat itu, banyak sekali yang tidak mengetahui bahwa tulisan bisa mengancam nyawa dari seseorang. Maka dari itu, tidak banyak menulis yang dapat menuliskan cerita mereka secara leluasa serta bebas, termasuk pers ataupun kuli tinta.

Berikut ini adalah beberapa novel memuat yangti ada kasih langsung dari berbagai kisah sejarah yang ada di Indonesia. Apa saja buku tersebut? Yuk simak berbagai ulasan yang ada di bawah ini.

  • Tiada jalan bertabur bunga
Tiada jalan bertabur bunga

Buku yang satu ini ditulis oleh seorang seniman yang menetap di kawasan Surabaya, Jawa timur. Penulis itu bernama Gregorius Soeharsojo Goenito. Dilihat dari akun Instagram, dirinya merupakan korban dari kerasnya peristiwa 1965 yang membawa dirinya masuk ke dalam penjara hingga dirinya di asingkan di pulau Buru ketika orde Baru.

Setelah 10 tahun menjalani pengasingan sebagai salah satu tahanan politik, dirinya juga mendapat berbagai siksaan serta dituntut untuk melakukan kerja paksa di bawah komando badan pelaksana resettlement. Pada situasi yang sulit tersebut, akhirnya bahan memoar serta sketsa tulisan tersebut hadir.

Dirinya memberikan ekspresi penuh terhadap Histori, memori, serta renungan bagaimana dirinya menjalani hidup sebagai seorang tahanan politik. Dirinya juga menunjukkan kemarahan, Kepedihan, dan juga menertawai kisahnya.

  • Cerita dari Digul
Cerita dari Digul

Jika meningan nama Pramoedya Ananta Toer, sebagian besar dari Anda khususnya pecinta sastra tentu tidak asing. Buku ini memiliki tebal halaman sebanyak 320 halaman. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari 11 tokoh Sarekat Islam yang ada di kawasan Kalimantan Barat.

Mereka dibuang serta dijadikan tahanan politik ketika pemerintahan kolonial Hindia Belanda tengah berkuasa saat itu. Buku ini bercerita tentang kisah yang sesungguhnya terjadi di masa itu. Buku ini menceritakan tentang suka serta duka bagaimana mereka mempertahankan hidup mereka ketika berada di tanah buangan.

Buku ini memberikan deskripsi mengenai wilayah Digul di tahun 1927 hingga 1930. Buku ini juga menceritakan mengenai kondisi dari masyarakat buangan, kehidupan pribadi, dan juga hubungan dengan berbagai suku Pedalaman serta bagaimana para tahanan melarikan diri.

  • Kenangan sebuah perjalanan seorang wartawan
Kenangan sebuah perjalanan seorang wartawan

Buku ini menceritakan tentang seseorang yang mempertanyakan bagaimana kak eksistensi tentang kehadiran media massa yaitu koran dengan bantuan wartawan yang selalu mencari jawaban tentang semua hal yang telah terjadi saat ini. Terdapat berbagai kegelisahan, perasaan risau, serta berbagai perasaan lain yang dihadirkan di dalam buku tersebut.

Rekomendasi Novel Horror Terpopuler Untuk Sambut Tahun Baru

Rekomendasi Novel Horror Terpopuler Untuk Sambut Tahun Baru

Tahun baru memang identik dengan suasana Sukacita. Untuk sebagian orang, untuk menyambut tahun baru biasanya mereka mengabiskan waktu di luar untuk melihat berbagai keramaian yang ada di luar. Namun banyak juga orang yang memilih untuk tetap berada di rumah dan menghabiskan waktu mereka dengan membaca buku sampai waktu tahun baru tersebut tiba.

Buku yang dibaca biasanya beragam, dimulai dari cerita komedi, romantis, hingga cerita horor. Walaupun rasanya cerita horor tidak cocok untuk menyambut suka cita dari tahun baru, namun nyatanya banyak sekali orang yang memilih untuk membaca buku sambil menghabiskan waktu mereka.

Berikut ini adalah deretan rekomendasi novel horor yang bisa Anda baca untuk menyambut tahun baru sambil menghabiskan waktu.

  • IT

Jika mendengar nama stephen king, tentunya Anda Akan langsung mengenal sosok nya sebagai sosok yang kemarin menghadirkan dan juga melahirkan karya misteri. Dari banyak buku yang sudah ditulis, IT bisa kita katakan sebagai salah satu hasil karya yang paling horor.

IT

Novel tersebut menceritakan mengenai tujuh anak kecil yang mengalami teror dari sosok Anonim. Sosok tersebut memberikan ancaman kepada anak anak dengan melalui phobia yang mereka miliki. Sosok ini sendiri hadir dalam bentuk badut yang dengan mudah menyerang anak anak.

  • World War Z
World War Z

Memang sampai saat ini, sosok zombie merupakan salah satu topik yang cukup menarik untuk dijadikan sebuah film ataupun novel. Novel ini sendiri memiliki cara cerita yang lebih unik dibandingkan biasanya. Novel ini menceritakan tentang perang besar yang terjadi antara kaum manusia dengan zombie. Novel ini diceritakan dengan gaya dokumenter, di mana dirinya menulis berbagai kumpulan wawancara dari tokoh narator dengan tokoh yang terlibat langsung di dalam perang tersebut.

  • Let the right one in
Let the right one in

Untuk novel yang satu ini menceritakan tentang kisah vampir. Buku yang satu ini memberikan ada pengalaman yang berbeda dibandingkan kisah vampire pada umumnya. Terdapat seorang anak yang biasanya dibully ketika semasa sekolah. Namun terdapat sosok yang hadir sebagai seorang tetangga yang juga menjadi teman baru dari tokoh utama.

Sosoknya sangat misterius karena hanya keluar pada malam hari dan warna kulitnya yang sangat pucat. Walaupun novel ini adalah novel horor, namun didalamnya terdapat berbagai masalah yang biasanya dihadapi oleh para anak Yang memasuki usia remaja.

  • Lunar Park
Lunar Park

Novel satu ini memiliki fakta kehidupan dari Sang penulis, yaitu Bret Easton Ellis. Toko utama yang ada di dalam novel tersebut memiliki nama yang sama dengan Sang penulis. Novel ini menceritakan tentang toko utama yang menikah dengan seorang aktris. Di dalam novel tersebut, diceritakan song tokoh utama pindah Ke sebuah kota fiksi. Ketika halloween tiba, mereka mengalami bermacam-macam kejadian yang aneh.

Novel satu ini memiliki fakta kehidupan dari Sang penulis, yaitu Bret Easton Ellis. Toko utama yang ada di dalam novel tersebut memiliki nama yang sama dengan Sang penulis. Novel ini menceritakan tentang toko utama yang menikah dengan seorang aktris. Di dalam novel tersebut, diceritakan song tokoh utama pindah Ke sebuah kota fiksi. Ketika halloween tiba, mereka mengalami bermacam-macam kejadian yang aneh.

The storied life

Deretan Novel Bestseller Pembakar Semangat Untuk Anda

Tentunya Anda menyadari bahwa hidup memang selalu dipenuhi dengan berbagai kejutan di dalamnya. Hidup kadang berada di atas kadang berada di bawah. Berbagai kejadian yang kita alami dalam kehidupan tentunya tidak dapat Diduga. Maka dari itu, tentunya kita membutuhkan semangat yang besar untuk menghadapi berbagai kejutan yang akan datang.

Semangat memang tidak menjamin bahwa kita bisa mengatasi segala persoalan yang datang, namun kita bisa memiliki keberanian yang lebih besar untuk menghadapi berbagai kejutan di dalam hidup nantinya.

Jika Anda membutuhkan beberapa asupan untuk memenuhi semangat Anda sebelum menghadapi tahun baru, berikut adalah beberapa deretan buku untuk membakar semangat Anda. Anda bisa mendapatkan berbagai kutipan yang menarik serta berbagai pengalaman yang tentunya inspiratif dari Perjalanan hidup sang tokoh Yang Pelik.

  • The storied life
The storied life

Novel yang satu ini tidak terlalu tebal. Jumlah halamannya sekitar 280 halaman. Didalam novel ini, digambarkan mengenai Manis serta Pahitnya kehidupan secara total. Untuk Anda yang membutuhkan semangat karena kehilangan seseorang yang Anda cintai, kisah dari penulis buku ini dapat Anda jadikan sebagai inspirasi. Tokoh di dalam buku ini kehilangan seorang istri dan kemudian membuat hidupnya hancur, penjualannya menurun, dan berbagai koleksi puisi yang berharga baginya menghilang.

Hingga kehidupan memberikan kejutan yang sangat berharga dan membuat jalan hidupnya yang perih tersebut menjadi lebih baik. Buku ini menceritakan bahwa memang ada tidak pernah hidup sendirian dan tentunya hidup akan selalu memberikan ada kejutan pada waktu yang tepat.

  • The year I met you
The year I met you

Buku yang satu ini merupakan buku edisi Indonesia terbaru yang diterbitkan melalui Gramedia pustaka Utama. Walaupun judulnya romantis, namun buku ini tidak hanya menceritakan tentang kisah romantis saja. Buku yang memiliki kekebalan 456 halaman tersebut sebenarnya sudah ada semenjak bulan Oktober 2017 lalu.

Buku ini menceritakan tentang persahabatan dan juga pekerjaan. Didalamnya, Anda bisa belajar bahwa hidup tidak bisa disulap begitu saja. Anda akan selalu menemui proses yang panjang serta berliku di dalam kehidupan. Jadi, jangan mudah menyerah dengan apa yang menjadi halangan bagi Anda.

  • Second chance summer
Second chance summer

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah merasakan bahwa Anda tidaklah terlalu berbakat dibandingkan dengan saudara saudara Anda yang ada di rumah. Sebagian dari Anda juga pernah merasakan ingin melarikan diri dan juga sulit untuk membuka diri kepada orang lain.

Jika iya, tentunya buku ini sangat cocok untuk Anda baca. Dalamnya terdapat berbagai kisah menarik. Buku ini juga menceritakan bahwa hidup selalu memberikan kesempatan kedua dan membuat seseorang mengakui rasa takut adalah salah satu cara lain untuk mengungkapkan bentuk keberanian.           

3 Buku Termahal Sepanjang Sejarah Dunia

Bagi orang awam yang memang ingin membeli dan membaca buku bukan sebagai habit melainkan hanya sekadarnya saja, maka akan menganggap bahwa membeli buku keluaran pertama atau yang cetakan ke berapa adalah sama saja karena memang secara garis besar isinya sama.

Akan tetapi bagi para pecinta buku, buku keluaran atau edisi pertama adalah yang paling dianggap bersejarah dan akan sangat dicari orang karena pada umumnya hanya dicetak sedikit saja sebelum digandakan di kemudian waktu dan kebanyakan cetakan pertama adalah sesuai dengan idealisme sang penulis yang masih murni dan tidak sedikit masih memiliki kesalahan typografi atau penggunaan kalimat yang kurang benar, sedangkan cetakan selanjutnya didasarkan pada kepopularitasannya ketika sudah masuk pasar.

Oleh karenanya, banyak pecinta buku yang justru mencari buku-buku cetakan pertama dari suatu penerbit atau pengarang karena menganggapnya masih sangat orisinil daripada cetakan selanjutnya walaupun harus mengeluarkan merogoh kocek yang cukup dalam. Bahkan juga ada pula buku-buku tersebut yang hanya dicetak terbatas dan kemudian tidak dicetak lagi. Dan itu sebabnya, buku-buku tersebut masuk kategori mahal baik untuk kalangan umum ataupun kalangan para pecinta buku.

Di bawah ini adalah beberapa buku yang dijual dengan harga tinggi sepanjang sejarah perbukuan di dunia. Penasaran? Berikut daftarnya.

St Cuthbert Gospel – Rp211,5 miliar

 

St Cuthbert Gospel atau dikenal dengan nama Stonyhurst Gospel atau  St Cuthbert Gospel of St John adalah sebuah rangkuman puji-pujian yang dicetak dalam bentuk buku saku dengan ukuran 138 x 92 milimeter. Buku yang dicetak pada awal abad ke-8 ini merupakan manuskrip Anglo-Saxon terkecil yang masih dapat bertahan sampai sekarang ini.

St Cuthbert Gospel dibuat dengan menggunakan kertas yang khusus dan dihiasi dengan kulit asli sebagai covernya. Nama St Cuthbert sendiri diambil dari Saint Cuthbert of Lindisfarne yang berasal dari North East England. Lagu pujia-pujiannya sendiri sudah dinyanyikan sejak beratus-ratus tahun setelah kematiannya dan akhirnya dibuatkan dalam bentuk buku saku. Sejak tahun 2012, buku kecil ini menjadi milik dari British Library.

Magna Carta Libertatum – Rp313,4 miliar

Magna Carta Libertatum atau biasa dikenal dengan nama Magna Carta saja itu merupakan sebuah piagam yang dikeluarkan di Inggris untuk membatasi kekuatan dan segala hal yang dimiliki dan dapat dilakukan oleh Raja John yang waktu itu menjadi pemerintah Inggris pada tanggal 15 Juni 1215. Piagam ini merupakan hasil dari perseteruan antara Raja John, Paus dan para baron atas hak-hak dari sang raja.

Dengan dikepung oleh para baron dan juga Paus serta perwakilan dari gereja, akhirnya Raja John menandatangani piagam Magna Carta tersebut. Isi dari piagam tersebut berisikan kesepakatan yang mana pihak kerajaan harus memberikan perlindungan maksimal kepada hak-hak gereja dan juga membbebaskan para baron dari segala tuntutan hukum.

Codex Leicester – Rp573,7 miliar

Buku termahal sepanjang sejarah dan sampai sekarang belum terpatahkan rekornya adalah Codex Leicester. Buku yang juga dikenal dengan nama Codex Hammer tersebut merupakan karya ilmiah dari segala pemikiran Leonardo da Vinci. Dinamakan Codex Leicester karena pada tahun 1719, buku tersebut dibeli oleh Thomas Coke yang berasal dari Leicester Inggris.

Di dalamnya buku tersebut berisikan banyak sekali karya dan pemikiran da Vinci, termasuk 30 karya ilmiah terkenalnya. Buku yang hanya ada satu di dunia tersbeut pada tanggal 11 November 1994 resmi dibeli oleh Bill Gates dengan harga USD 30.8 juta atau sekitar Rp455,3 miliar dari rumah lelang Christie di New York dan sekarang nilainya sudah melonjak tinggi mencapai Rp573,7 miliar.

Sinopsis Novel 5 Cm

Sinopsis Novel 5 Cm

Novel yang di karang oleh Dhonny Dirgantoro ini merupakan novel yang sangat laris di kalangan para remaja. Wajar saja jika novel ini laris di kalangan para remaja dikarenakan tema yang di angkat pada novel ini adalah tentang persahabatan. Novel ini memiliki tebal  sekitar 381 halaman, dan diterbitkan oleh PT Grasindo Indonesia. Dalam novel ini sangat kental akan bagaimana persahabatan merupakan hal yang paling penting di atas segalanya. Mereka sangat menjaga antara yang satu dengan yang lain, dan selalu mengutamakan tali persahabatan di antara mereka. Novel ini diperankan dengan tokoh yang bernama Zafran, Ian, Arial, Genta, dan Riani. Mereka sudah menjalin persahabatan kurang lebih selama 7 tahun lamanya. 7 tahun bukanlah waktu yang singkat, mereka sudah mengenal karakteristik dan ciri khas dari masing-masing mereka.

Continue reading “Sinopsis Novel 5 Cm”

Sipnosis Novel Surga Yang Tak Dirindukan

Sinopsis Novel Surga yang Tak Dirindukan

Novel karya Asma Nadia yang di cetak pada Juni 2014 ini merupakan novel yang banyak diminati oleh para pecinta novel. Novel ini bercerita tentang seseorang perempuan yang bernama Arini yang sering mendongeng kepada para anak-anak panti asuhan.

Continue reading “Sinopsis Novel Surga yang Tak Dirindukan”

2 Buku yang Isinya Paling Misterius dan Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

2 Buku yang Isinya Paling Misterius dan Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Di antara banyak alasan kenapa masih mencintai buku daripada file-file eBook di dalam komputer, salah satunya adalah dikarenakan buku memiliki sejarah yang tidak mungkin dimiliki oleh catatan dalam bentuk e-reader atau e-paper.

Setiap buku tentunya mempunyai sejarah yang tertancap di dalamnya dan juga memiliki nilai tersendiri. Walaupun terkadang sejarah yang dimiliki dirasa aneh, berputar-putar dan tersembunyi makna aslinya, namun sang pengarang tentunya memiliki alasan tersendiri dengan menciptakan buku tersebut sekaligus kenapa dia tidak secara langsung membeberkan maksud dari tulisannya itu.

 

Dan di bawah ini ada 2 buku yang cukup terkenal namun isinya sangat misterius dan tidak dapat ditebak apa maksudnya.

Codex Seraphinianus

Codex Seraphinianus adalah sebuah buku yang mana ditulis dengan menggunakan bahasa yang sampai sekarang belum diketahui bahasa apakah yang dipakai itu atau dari negara mana bahasa itu berasal. Selain berisikan uraian-uraian panjang, Codex Seraphinianus juga berisikan gambar ilustrasi tentang berbagai hal yang dirasakan cukup mustahil terjadi atau dilakukan.

Codex Seraphinianus juga dapat dikatakan sebagai ensiklopedia paling aneh di dunia. Ketika seorang arsitek kenamaan Italia, Luigi Serafini, mempublikasikan buku ini pada tahun 1981, dia mempresentasikan isi dalam buku tersebut sebagai suatu karya ilmiah yang faktual dan berdasarkan penelitian.

Codex Seraphinianus secara keseluruhan bukan dicetak dengan menggunakan mesin, melainkan 100 persen merupakan tulisan tangan, termasuk dengan gambar ilustrasinya yang juga digambar secara manual oleh Serafini sendiri. Dia mengerjakan buku ini selama lebih dari 2 tahun lamanya.

Setelah dipublikasikan, banyak ilmuwan yang mencoba mengartikan buku tersebut, namun satu-satunya kata yang berhasil diterjemahkan adalah “Seraphinianus” atau tidak lain dan tidak bukan merupakan nama dari Serafini sendiri.

Book of Soyga

Pada tanggal 10 Maret 1552, seorang matematikawan bernama John Dee mengaku telah berkomunikasi dengan seorang malaikat. Sebagai seorang yang cerdik dan pandai, dia sangat percaya akan segala hal yang ilmiah dan juga hal-hal yang supranatural.

Dikarenakan hal itu, kehidupan Dee berada di garis batas antara realita dan dunia arwah. Dia juga telah menjelajahi dan membaca banyak buku di perpustakaan yang ada di London. Namun dari semua buku yang dibacanya, ada satu buku yang menarik perhatiannya, yaitu Book of Soyga.

Book of Soyga dapat dikatakan sebuah buku yang mengandung teka-teki yang berisikan lebih dari 40 ribu kata di dalamnya. Akan tetapi, semua kata yang terangkai secara berantakan dan tidak masuk akal. Dee habiskan banyak waktu untuk mencoba menerjemahkan kode dalam Book of Soyga itu.

Dan secara perlahan Dee menyadari bahwa Book of Soyga tidak lebih dari sebuah daftar mantra sihir. Salah satu yang akhirnya tetap menjadi misteri sampai sekarang adalah 36 lembar terakhir dari Book of Soyga itu. Dee tidak pernah berhasil menerjemahkannya dan akhirnya dia mencoba mencari jawabannya di luar dunia manusia.

Pada saat pergi ke Eropa, Dee meminta bantuan seorang malaikat penjaga bernama Uriel. Dee bertanya mengenai 36 lembar terakhir dari Book of Soyga tersebut dan Uriel menjawab bahwa itu adalah sebuah cerita dan perintah ketika Adam masih ada di surga. Akan tetapi ketika ditanya lebih detail, Uriel mengatakan bahwa dia sendiri tidak mampu menjawabnya karena hanya malaikat Michael (Mikail dalam Agama Islam) yang mampu menjawabnya.

Sayangnya, sampai tutup usia, Dee tidak pernah berhasil menghubungi Michael dan Book of yang asli Soyga akhirnya menghilang begitu saja. Sampai sekarang diketahui hanya ada 2 copian dari Book of Soyga yang tersimpan di British Library dan Bodleian Library di Oxford.

Novel Dengan Kisah Cinta Yang Bikin Baper Para Remaja Indonesia

Novel Dengan Kisah Cinta Yang Bikin Baper Para Remaja Indonesia

Para remaja selain disibukkan dengan aktifitas sekolah pasti juga tidak jauh bergelut dengan kisah-kisah percintaan. Jika mendengar kata cinta atau pacar mereka akan tersenyum-tersenyum sendiri atau tersipu malu.

Masa Remaja Seseorang Adalah Masa Yang Paling Indah Bagi Setiap Orang

Masa Yang Paling Indah Bagi Setiap Orang

Mengapa? Karena masa-masa remaja adalah masa paling indah bagi setiap insan manusia selama hidupnya. Kehidupan mereka hanya akan dipenuhi dengan canda tawa, kebahagiaan dan kasih sayang dari orang-orang terkasih. Walaupun mereka diminta hanya terfokus pada sekolah dan masa depan tetap saja mereka adalah remaja yang sedang memiliki jiwa rasa penasaran tinggi hingga ingin selalu bebas. Remaja mengekspresikan kebebasan dengan cara mereka masing-masing dari ada yang suka bergonta-ganti pasangan. Selain itu, juga suka membolos sekolah, menjadi seorang penurut, hingga melakukan kegiatan hobi. Salah satu hobi yang para remaja gemari dan siapapun bisa melakukannya ialah membaca novel. Tetapi kebanyakan dari mereka lebih menyukai novel bergenre romantis dibanding dengan genre-genre lainnya.

Berikut ulasan novel-novel genre romantis yang bakal bikin kalian baper, antara lain.

1 . Critical Eleven

Novel berjudul Critical Eleven karangan Ika Natassa menceritakan kisah cinta dua sejoli yang bertemu secara tidak sengaja saat berada di pesawat. Kedua lawan jenis tersebut saling duduk bersebelahan hingga banyak obrolan yang mereka perbincangkan. Setelah berbincang-bincang cukup lama ternyata menimbulkan benih-benih asmara diantara keduanya.

2. Rindu

Lalu ada novel Rindu karangan Tere Liye yang kebanyakan orang sudah mengetahui karena jalan cerita sunggu mengharukan dan romantis. Novel ini menggunakan plot flashback yang ditanamkan di setiap cerita secara tak terduga.

3. Tidak Ada New Tork Hari Ini

Novel berjudul Tidak Ada New York Hari Ini juga tidak kalah menarik dan bikin baper dibandingkan Critical Eleven maupun Rindu. Kisah novel ini dikarang oleh M. Aan Mansyur yang isinya kebanyakan puisi-puisi cinta. Puisi-puisi itupun dilafazkan oleh Rangga pemeran dalam film Ada Apa Dengan Cinta.

4. The Book of Forbidden Feelings

Ada juga novel dengan judul The Book of Forbidden Feelings karangan Lala Bohang berisi sajak-sajak puisi. Yang bermakna tentang perjalanan kisah cinta dari sebuah pertemuan hingga perpisahan. Walaupun dikemas dalam sebuah puisi tetap saja para pembaca akan bisa merasakan perasaan yang ingin disampaikan oleh sang penulis.

5. Garis Waktu

Kemudian Garis Waktu karangan Fiersa Besari memiliki kisah-kisah cinta yang dituliskan dengan kalimat-kalimat penuh makna. Inti cerita itupun akan mengajarkan pembaca terkait berharganya sebuah waktu untuk orang yang kita cintai.

6. Untuk Matamu

Novel Untuk Matamu karangan Karisma P Lanang tak kalah bikin baper para pembacanya. Sebab, jalan cerita novel tersebut selalu membuat menangis para pembaca walau dikemas dalam sebuah kumpulan puisi.

7. Architecture of Love

Terakhir, novel karangan Ika Natassa berjudul Architecture of Love yang menceritakan dua sejoli yang sedang dimabuk asmara. Dua sejoli tersebut sedang melakukan perjalanan ke New York bersama-sama dan dipenuhi dengan aktifitas kemesraan hingga perjalanan yang jarang bisa dilakukan oleh sepasang kekasih.

Itulah berbagai macam kisah cinta yang diadaptasi ke dalam sebuah novel dan pastinya bikin baper para pembaca termasuk kalangan remaja. Novel-novel bergenre romantis sebenarnya bukan hanya untuk menghibur ataupun membuat baper para pembaca melainkan terdapat pesan-pesan yang sangat bermanfaat pula. Pesan-pesan tersebut bisa ditujukan kepada pembaca yang sedang jomblo maupun sudah memiliki kekasih. Pesan terkadang ingin menyampaikan terkait seorang pembaca untuk lebih berhati-hati. Dalam memaknai sebuah cinta agar tidak terjerumus ke lubang buaya penuh dusta dan pada akhirnya akan disesali seumur hidup. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kalian. Selamat beraktifitas kembali!

The Hunger Games Novel Sci-Fi Yang Penuh Intrik

Novel karangan penulis asal Amerika bernama Suzanne Collins yang berjudul the hunger games telah memunculkan banyak penggemar dan orang-orang selalu menanti kabar peluncuran serial kelanjutannya. Novel tersebut telah menjadi sorotan publik selama beberapa tahun belakangan sejak tahun 2008 penerbitan pertama. Trilogi terbitan pertama berjudul The Hunger Games yang telah memasuki pasaran literasi diberbagai negara.

Banyak Penghargaan Yang di Tuai Oleh Novel The Hunger Games

Novel ini laris dibeli banyak masyarakat umum yang kemudian oleh penulisnya meluncurkan serial lanjutan kedua dan ketiga berjudul Catching Fire dengan Mockingjay. Saking larisnya dan menuai banyak penghargaan membuat produsen perfilman dari Color Face mengangkat cerita tersebut ke layar lebar. Ketiga trilogi the hunger games sukses difilmkan dan menarik banyak perhatian masyarakat luas dari domestik hingga mancanegara. Saat novel ini difilmkan banyak artis ternamaan Amerika yang digandeng sebagai tokoh-tokoh dalam cerita. Bintang dalam cerita tersebut antara lain Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemmsworth, Woody Harrelsin, Elizabeth Banks, Willow Shields, Paula Malcomson, Stanley Tucci, dan Donald Sutherland. Semua artis tersebut adalah bintang terkenal hollywood yang banyak memerankan berbagai macam serial layar kaya maupun film layar lebar. Bahkan hampir semuanya terkenal ke seluruh dunia.

The hunger games menggunakan genre triler, sci-fi, romantis dan petualangan. Kisahnya menceritakan tentang perjuangan seorang wanita bernama Katniss Everdeen melawan para pemain lain yang ingin membunuhnya. Dalam novel tersebut kebanyakan cerita berisi tentang khayalan seorang penulis yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. Karena jalan cerita novel dipenuhi dengan kisah pembunuhan dalam sebuah permainan yang dibuat oleh pimpinan pemerintah pusat guna menghibur warga kota. Saat itu pusat kota dipimpin oleh presiden Coriolanus Snow yang tergila-gila dengan tahta dan seakan ingin memberantas masyarakat-masyarakat tidak berdosa di sebuah perdesaan/distrik. Dalam novel the hunger games diceritakan ada 12 distrik yang dihuni oleh masyarakat yang memiliki masing-masing potensi berbeda. Pelaksanaan games tersebut selalu diadakan selama satu tahun sekali dan membutuhkan dua orang permain berbeda jenis di setiap distrik.

Pada Kisah The Hunger Games Sang Tokoh Utama Berasal Dari Distrik 12

Katniss sang tokoh utama diceritakan tinggal di distrik 12 dengan potensi alam. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya yang bernama Prim. Hingga pada suatu hari ia dan adiknya ikut berkumpul dalam pelaksanaan pemilihan pemain. Tiba-tiba nama adiknya Prim dipanggil terpilih sebagai pemain yang membuat Katniss kaget. Betapa sayangnya Katniss terhadap Prim membuat ia mengajukan diri menggantikan sang adik. Dari situlah awal cerita Katniss harus bertarung dengan orang-orang jahat maupun baik dan harus tega membunuh mereka semua guna mempertahankan diri di area bermain. Tetapi, Katniss tidak pernah sanggup membunuh orang hingga ia hanya bersikap menunggu dan membuat pertahanan diri saja sampai permainan selesai.

Pada akhir cerita Katniss merasa iba dengan salah seorang pemain lelaki asal distrik 12 yang sama dengannya. Karena rasa kasihan itulah yang membuat Katniss ingin menyelamatkan nyawa orang tersebut dengan membuat skandal kisah percintaan. Lelaki yang dibantu oleh Katniss bernama Peeta Mellark. Lelaki itu ternyata adalah seseorang yang menggemari Katniss sejak awal bertemu. Kisah itulah yang mengawali cerita cinta antara Katniss dan Peeta untuk melawan presiden Snow. Guna menghancurkan permainan pembunuhan tersebut beserta menggulingkan jabatannya. Novel the hunger games termassuk cerita yang memiliki berbagai macam genre. Bahkan kebanyakan orang menyukai karena misteri yang sulit dipecahkan didalamnya.

Dari cerita di atas teman-teman juga dapat mengambil kesimpulan makna terkait walau tekanan melanda yang menuntut seseorang untuk berbuat buruk tetap saja kebaikan mengalahkan kejahatan atau selalulah menjadi orang baik dalam keadaan susah maupun senang. Semoga bermanfaat.

Review Novel Romansa Islami, Ayat-Ayat Cinta

Review Novel Romansa Islami, Ayat-Ayat Cinta

Ayat-ayat cinta merupakan sebuah novel religi karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pada tahun 2008. Novel yang mengangkat kisah percintaan berlandaskan agama islam ini memiliki dua buah seri yang ceritanya saling terkait satu sama lain, yaitu Ayat-ayat cinta seri pertama dan kedua. Novel ini menceritakan kisah asmara seorang pemuda Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Al Azhar, Kairo bernama Muhammad Fahri. Semenjak kecil, Fahri dikenal giat dan rajin karena dibesarkan dari sebuah keluarga dengan latar belakang kurang mampu. Ayah dan ibu Fahri merupakan seorang pedagang kecil yang teguh beribadah. Melalui beasiswa yang diterimanya, Fahri mampu melanjutkan pendidikannya di Universitas ternama di Mesir tersebut.

Pertemuan Pertama Fahri Dengan Maria

Pada masa-masa kuliahnya di Mesir, Fahri tinggal di sebuah flat sederhana bersama teman-teman Indonesia. Fahri juga mulai mengenal anak perempuan pemilik flat bernama Maria dan berteman akrab dengannya. Gadis berdarah campuran Turki-Indonesia tersebut memiliki agama yang berbeda dengan Fahri, yaitu agama Kristen. Hari-hari kuliah di Al Azhar berlangsung secara lancar, hingga pada suatu hari Fahri bertemu dengan seorang gadis cantik yang memakai cadar dalam sebuah kereta. Gadis tersebut terlibat dalam perkelahian dengan seorang lelaki arab karena dituduh menolong seorang ibu asal Amerika. Sebagaimana diketahui bahwa sebagian orang Arab memiliki pandangan bahwa orang asal barat adalah musuh (teroris). Fahri berusaha membantu gadis tersebut dengan berusaha untuk menenangkan lelaki arab. Sayangnya, orang tersebut tidak dapat menerima maksud baik Fahri dan malah melemparkan tinjuan ke wajah Fahri.

Pertemuan singkat di kereta antara Fahri dan gadis bercadar berlanjut dengan pembicaraan yang berlangsung di antara mereka dalam sebuah kafe. Gadis tersebut memperkenalkan diri sebagai seorang muslimah keturunan Indonesia-Jerman. Gadis bernama Aisha mengaku sebagai keponakan dari seseorang yang mengenal Guru Besar Fahri di Al Azhar. Pembicaraan antara Fahri dan Aisha tersebut berlangsung secara intens hingga mereka berdua tidak menyadari saling tertarik satu sama lain. Setelah pertemuan di kafe itu berlangsung, Fahri meminta tolong kepada Guru Besarnya untuk melakukan ta’aruf dan membantunya melamar Aisha. Tak lama kemudian, Fahri dan Aisha mengadakan upacara pernikahan yang dihadiri oleh keluarga dan teman-teman mereka di sana. Namun, kebahagiaan antara Fahri dan Aisha tidak berlangsung lama. Hal ini dikarenakan Fahri dituduh telah menodai seorang  gadis mesir bernama Nuroh. Fahripun dipenjara karena fitnah tersebut. Satu-satunya saksi yang dapat menolong Fahri adalah Maria.

Aisha Merelakan Fahri Bersama Maria

Sayangnya, pada saat kejadian tersebut berlangsung, Maria mengalami kecelakaan yang membuat dirinya kehilangan kesadaran. Keberadaan Fahri di sisi Maria menjadi motivasi bagi gadis ini untuk segera sembuh dan memberikan kesaksian. Mengetahui hal tersebut, Aisha memutuskan untuk mengorbankan perasaannya dengan meminta Fahri menikahi Maria agar Fahri dapat dibebaskan dari tuduhan. Pada awalnya, Fahri menolak permintaan tersebut. Namun, mengetahui betapa Aisha membutuhkan Fahri untuk menjadi sosok ayah bagi anak dalam kandungan istrinya tersebut, membuat Fahri bersedia untuk menikahi Maria. Mariapun menjadi seorang mualaf dan melangsungkan pernikahan dengan Fahri. Setelah pernikahan berlangsung, kesehatan Maria berangsur pulih dan pada akhirnya dapat membantu Fahri dengan memberikan kesaksian bahwa Fahri tidak bersalah. Hari demi hari, poligami yang dilakukan oleh Fahri tidak dapat berjalan secara mulus. Baik Aisha maupun Maria merasa cemburu pada satu sama lain. Untungnya perasaan tersebut tidak memburuk dan Fahri, Aisha, serta Maria dapat hidup bersama dengan damai.

Novel tersebut diakhiri dengan kematian Maria yang tidak dapat sembuh dari penyakitnya. Fahri dan Aishapun melanjutkan kehidupan pernikahan mereka berdua yang damai di Mesir.