The Hunger Games Novel Sci-Fi Yang Penuh Intrik

Novel karangan penulis asal Amerika bernama Suzanne Collins yang berjudul the hunger games telah memunculkan banyak penggemar dan orang-orang selalu menanti kabar peluncuran serial kelanjutannya. Novel tersebut telah menjadi sorotan publik selama beberapa tahun belakangan sejak tahun 2008 penerbitan pertama. Trilogi terbitan pertama berjudul The Hunger Games yang telah memasuki pasaran literasi diberbagai negara.

Banyak Penghargaan Yang di Tuai Oleh Novel The Hunger Games

Novel ini laris dibeli banyak masyarakat umum yang kemudian oleh penulisnya meluncurkan serial lanjutan kedua dan ketiga berjudul Catching Fire dengan Mockingjay. Saking larisnya dan menuai banyak penghargaan membuat produsen perfilman dari Color Face mengangkat cerita tersebut ke layar lebar. Ketiga trilogi the hunger games sukses difilmkan dan menarik banyak perhatian masyarakat luas dari domestik hingga mancanegara. Saat novel ini difilmkan banyak artis ternamaan Amerika yang digandeng sebagai tokoh-tokoh dalam cerita. Bintang dalam cerita tersebut antara lain Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemmsworth, Woody Harrelsin, Elizabeth Banks, Willow Shields, Paula Malcomson, Stanley Tucci, dan Donald Sutherland. Semua artis tersebut adalah bintang terkenal hollywood yang banyak memerankan berbagai macam serial layar kaya maupun film layar lebar. Bahkan hampir semuanya terkenal ke seluruh dunia.

The hunger games menggunakan genre triler, sci-fi, romantis dan petualangan. Kisahnya menceritakan tentang perjuangan seorang wanita bernama Katniss Everdeen melawan para pemain lain yang ingin membunuhnya. Dalam novel tersebut kebanyakan cerita berisi tentang khayalan seorang penulis yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. Karena jalan cerita novel dipenuhi dengan kisah pembunuhan dalam sebuah permainan yang dibuat oleh pimpinan pemerintah pusat guna menghibur warga kota. Saat itu pusat kota dipimpin oleh presiden Coriolanus Snow yang tergila-gila dengan tahta dan seakan ingin memberantas masyarakat-masyarakat tidak berdosa di sebuah perdesaan/distrik. Dalam novel the hunger games diceritakan ada 12 distrik yang dihuni oleh masyarakat yang memiliki masing-masing potensi berbeda. Pelaksanaan games tersebut selalu diadakan selama satu tahun sekali dan membutuhkan dua orang permain berbeda jenis di setiap distrik.

Pada Kisah The Hunger Games Sang Tokoh Utama Berasal Dari Distrik 12

Katniss sang tokoh utama diceritakan tinggal di distrik 12 dengan potensi alam. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya yang bernama Prim. Hingga pada suatu hari ia dan adiknya ikut berkumpul dalam pelaksanaan pemilihan pemain. Tiba-tiba nama adiknya Prim dipanggil terpilih sebagai pemain yang membuat Katniss kaget. Betapa sayangnya Katniss terhadap Prim membuat ia mengajukan diri menggantikan sang adik. Dari situlah awal cerita Katniss harus bertarung dengan orang-orang jahat maupun baik dan harus tega membunuh mereka semua guna mempertahankan diri di area bermain. Tetapi, Katniss tidak pernah sanggup membunuh orang hingga ia hanya bersikap menunggu dan membuat pertahanan diri saja sampai permainan selesai.

Pada akhir cerita Katniss merasa iba dengan salah seorang pemain lelaki asal distrik 12 yang sama dengannya. Karena rasa kasihan itulah yang membuat Katniss ingin menyelamatkan nyawa orang tersebut dengan membuat skandal kisah percintaan. Lelaki yang dibantu oleh Katniss bernama Peeta Mellark. Lelaki itu ternyata adalah seseorang yang menggemari Katniss sejak awal bertemu. Kisah itulah yang mengawali cerita cinta antara Katniss dan Peeta untuk melawan presiden Snow. Guna menghancurkan permainan pembunuhan tersebut beserta menggulingkan jabatannya. Novel the hunger games termassuk cerita yang memiliki berbagai macam genre. Bahkan kebanyakan orang menyukai karena misteri yang sulit dipecahkan didalamnya.

Dari cerita di atas teman-teman juga dapat mengambil kesimpulan makna terkait walau tekanan melanda yang menuntut seseorang untuk berbuat buruk tetap saja kebaikan mengalahkan kejahatan atau selalulah menjadi orang baik dalam keadaan susah maupun senang. Semoga bermanfaat.

Review Novel Romansa Islami, Ayat-Ayat Cinta

Review Novel Romansa Islami, Ayat-Ayat Cinta

Ayat-ayat cinta merupakan sebuah novel religi karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pada tahun 2008. Novel yang mengangkat kisah percintaan berlandaskan agama islam ini memiliki dua buah seri yang ceritanya saling terkait satu sama lain, yaitu Ayat-ayat cinta seri pertama dan kedua. Novel ini menceritakan kisah asmara seorang pemuda Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Al Azhar, Kairo bernama Muhammad Fahri. Semenjak kecil, Fahri dikenal giat dan rajin karena dibesarkan dari sebuah keluarga dengan latar belakang kurang mampu. Ayah dan ibu Fahri merupakan seorang pedagang kecil yang teguh beribadah. Melalui beasiswa yang diterimanya, Fahri mampu melanjutkan pendidikannya di Universitas ternama di Mesir tersebut.

Pertemuan Pertama Fahri Dengan Maria

Pada masa-masa kuliahnya di Mesir, Fahri tinggal di sebuah flat sederhana bersama teman-teman Indonesia. Fahri juga mulai mengenal anak perempuan pemilik flat bernama Maria dan berteman akrab dengannya. Gadis berdarah campuran Turki-Indonesia tersebut memiliki agama yang berbeda dengan Fahri, yaitu agama Kristen. Hari-hari kuliah di Al Azhar berlangsung secara lancar, hingga pada suatu hari Fahri bertemu dengan seorang gadis cantik yang memakai cadar dalam sebuah kereta. Gadis tersebut terlibat dalam perkelahian dengan seorang lelaki arab karena dituduh menolong seorang ibu asal Amerika. Sebagaimana diketahui bahwa sebagian orang Arab memiliki pandangan bahwa orang asal barat adalah musuh (teroris). Fahri berusaha membantu gadis tersebut dengan berusaha untuk menenangkan lelaki arab. Sayangnya, orang tersebut tidak dapat menerima maksud baik Fahri dan malah melemparkan tinjuan ke wajah Fahri.

Pertemuan singkat di kereta antara Fahri dan gadis bercadar berlanjut dengan pembicaraan yang berlangsung di antara mereka dalam sebuah kafe. Gadis tersebut memperkenalkan diri sebagai seorang muslimah keturunan Indonesia-Jerman. Gadis bernama Aisha mengaku sebagai keponakan dari seseorang yang mengenal Guru Besar Fahri di Al Azhar. Pembicaraan antara Fahri dan Aisha tersebut berlangsung secara intens hingga mereka berdua tidak menyadari saling tertarik satu sama lain. Setelah pertemuan di kafe itu berlangsung, Fahri meminta tolong kepada Guru Besarnya untuk melakukan ta’aruf dan membantunya melamar Aisha. Tak lama kemudian, Fahri dan Aisha mengadakan upacara pernikahan yang dihadiri oleh keluarga dan teman-teman mereka di sana. Namun, kebahagiaan antara Fahri dan Aisha tidak berlangsung lama. Hal ini dikarenakan Fahri dituduh telah menodai seorang  gadis mesir bernama Nuroh. Fahripun dipenjara karena fitnah tersebut. Satu-satunya saksi yang dapat menolong Fahri adalah Maria.

Aisha Merelakan Fahri Bersama Maria

Sayangnya, pada saat kejadian tersebut berlangsung, Maria mengalami kecelakaan yang membuat dirinya kehilangan kesadaran. Keberadaan Fahri di sisi Maria menjadi motivasi bagi gadis ini untuk segera sembuh dan memberikan kesaksian. Mengetahui hal tersebut, Aisha memutuskan untuk mengorbankan perasaannya dengan meminta Fahri menikahi Maria agar Fahri dapat dibebaskan dari tuduhan. Pada awalnya, Fahri menolak permintaan tersebut. Namun, mengetahui betapa Aisha membutuhkan Fahri untuk menjadi sosok ayah bagi anak dalam kandungan istrinya tersebut, membuat Fahri bersedia untuk menikahi Maria. Mariapun menjadi seorang mualaf dan melangsungkan pernikahan dengan Fahri. Setelah pernikahan berlangsung, kesehatan Maria berangsur pulih dan pada akhirnya dapat membantu Fahri dengan memberikan kesaksian bahwa Fahri tidak bersalah. Hari demi hari, poligami yang dilakukan oleh Fahri tidak dapat berjalan secara mulus. Baik Aisha maupun Maria merasa cemburu pada satu sama lain. Untungnya perasaan tersebut tidak memburuk dan Fahri, Aisha, serta Maria dapat hidup bersama dengan damai.

Novel tersebut diakhiri dengan kematian Maria yang tidak dapat sembuh dari penyakitnya. Fahri dan Aishapun melanjutkan kehidupan pernikahan mereka berdua yang damai di Mesir.

Perbandingan Novel Fiksi Dengan Non Fiksi

Perbandingan Novel Fiksi Dengan Non Fiksi

Dalam karangan sebuah novel pasti seorang penulis akan menyelipkan genre dari jalan cerita yang mereka ingin mereka sampaikan. Genre dalam novel akan membawa seorang pembaca ke dalam jalan cerita yang memiliki kisah tentang kesedihan, kebahagiaan, menyeramkan, pembunuhan, ketakutan hingga khayalan. Dalam sebuah novel terdapat berbagai macam genre yang terdiri atas thriller, horor, romantis, drama, sci-fi/ fiksi sains, misteri, komedi, fan-fic, petualangan, serta sejarah. Genre sendiri dibedakan menjadi dua macam antara berdasarkan realita dan jenis ceritanrealita dan jenis ceritanya. Genre novel yang sesuai dengan jenis cerita telah tertera di atas. Sedangkan, genre berdasarkan realita diantaranya fiksi dan non fiksi.

Novel Non Fiksi Hanya Cerita Khayalan Dari Si Pengarang

Novel fiksi memiliki kejadian cerita yang dibuat-buat oleh pengarangnya atau hanya sekedar khayalan. Kejadian dari cerita itu tidak akan pernah ditemui oleh masyarakat pembaca dalam kehidupan nyata. Sedangkan, non fiksi menceritakan kejadian kisah realita yang terkadang jalan cerita bisa diambil dari kejadian nyata cerita orang lain. Bahkan kisah nyata yang diceritakan bisa diambil dari kehidupan penulis sendiri. Banyak novel-novel sekarang yang lebih bergenre fiksi guna membawa para pembaca ke kehidupan khayalan. Contoh-contoh dari novel fiksi ssperti Harry Potter, Hunger Games, The Hobbit, Goblin. Dulunya cerita fiksi dibuat lebih ditujukan kepada anak-anak dibanding orang dewasa. Tetapi semakin berkembangnya waktu cerita fiksi mulai digunakan pada tulisan-tulisan lain dalam bentuk novel maupun cerpen.

novel non fiksi

Novel fiksi lebih disukai oleh kalangan remaja karena kisah yang terlalu mengkhayal layaknya impian seseorang dapat diwujudkan melalui sebuah cerita. Apabila novel fiksi seakan menciptakan khayalan terindah maupun kesedihan yang tidak akan pernah ada dalam kehidupan nyata. Maka berbeda dengan novel non fiksi yang jalan ceritanya selalu berisi tentang kisah seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Non fiksi jalan ceritanya juga dapat diambil dari kisah nyata orang lain yang terkadang memiliki fungsi memberikan pelajaran kepada masyarakat melalui gambaran cerita pada novel. Walaupun novel non fiksi kebanyakan menggambarkan kisah nyata guna sang penulis ingin menyampaikan sebuah pesan bukan berarti novel fiksi tidak memiliki sebuah makna cerita juga. Fiksi yang dikarang dari sebuah khayalan seorang penulis juga memiliki makna yang ingin disampaikan. Perbedaannya hanya pada cara penyampaian masing-masing genre cerita tersebut.

Kedua Jenis Cerita NoveL Ini Memiliki Satu Kesamaan

Perbedan kedua genre novel berdasarkan realita cerita tersebut sangat tidak sama. Akan tetapi diantara keduanya tetap boleh menggunakan genre jenis cerita yang sama. Maksudnya baik novel fiksi maupun non fiksi sama-sama menggunakan genre seperti romantis, komedi, horor dan lain-lain dalam kisahnya. Secara singkat perbedaan novel fiksi dengan non fiksi antara lain: jika novel fiksi cerita yang dikemas selalu dibuat-buat, sifatnya lebih imajinatif dengan mayoritas menggunakan bahasa kiasan. Sedangkan novel non fiksi menceritakan sebuah kisah berdasarkan sumber bahkan kehidupan nyata, memiliki sifat infomatif dengan penggunaan bahasa lugas. Itulah berbagai macam perbedaan dari novel fiksi dengan non fiksi yang penting kalian ketahui. Bahkan genre-genre berdasarkan jenis cerita pun sangat wajib dipahami agar saat membaca dapat langsung mengetahui isinya. Sebab, isi cerita pasti akan terpaku dengan genre yang digunakan.

Jika kalian mengaku hoby membaca ataupun sangat menyukai kisah-kisah dalam novel kalian perlu mempelajari banyak hal terkait novel. Jika perlu informasi-infomasi tentang novel yang sedang trending topik sangat wajib kalian ketahui. Semoga informasi perbedaan novel fiksi dan non fiksi dapat membantu kalian yang hobi membaca agar tidak kudet. Selamat membaca!

3 Novel Karangan Tere Liye Paling Banyak Diminati Penggemar

3 Novel Karangan Tere Liye Paling Banyak Diminati Penggemar

Tere Liye adalah salah satu penulis terkenal berkebangsaan negara Indonesia yang telah menerbitkan banyak karangan novel dari paling terkenal hingga kurang diminati publik. Karya-karya tulisannya pertama kali berhasil diterbitkan pada tahun 2005. Seperti penulis pada umumnya,  Tere Liye juga melalui banyak lika-liku jatuh bangun saat ingin mengenalkan tulisannya ke seluruh dunia. Karangan-karangan terkenal hasil karya Tere Liye tersebut tidak langsung mengundang perhatian pembaca maupun dapat diterima oleh perusahaan penerbitan begitu saja.

Continue reading “3 Novel Karangan Tere Liye Paling Banyak Diminati Penggemar”

Serial Novel Harry Potter Yang Wajib Kamu Tahu

Serial Novel Harry Potter Yang Wajib Kamu Tahu

Siapa yang tidak mengenal Harry Potter? Judul novel yang diambil dari nama seorang bocah hasil pernikahan dua orang penyihir ini menceritakan tentang takdir anak laki-laki bernama Harry Potter. Yang diramalkan akan menjadi penyihir besar dan mampu mengalahkan pangeran kejahatan yang dikenal sebagai Lord Voldemort. Harry Potter merupakan serial novel karya Joanne Kathleen Rowling, dikenal dengan J.K. Rowling yang diproduksi sebanyak tujuh buah seri novel.

Penulis berkebangsaan Inggris ini telah menerbitkan serial Harry Potter sejak tahun 1997 hingga 2008. Karya-karyanya dalam Harry Potter memiliki judul Harry Potter and The Philosopher’s Stone,  Harry Potter and The Chamber of Secret, Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, Harry Potter and The Goblet of Fire, Harry Potter and The Order of Phoenix, Harry Potter and The Half-Blood Prince, dan Harry Potter and The Deathly Hallows. Novel-novel tersebut digemari oleh banyak orang dan mampu menjadi best selling dalam penjualannya. Hal tersebut membuat novel Harry Potter berkesempatan untuk menjadi karya tulis yang difilmkan.

Continue reading “Serial Novel Harry Potter Yang Wajib Kamu Tahu”

Review Novel Twilight Saga: Breaking Dawn

Review Novel Twilight Saga: Breaking Dawn

Twilight Saga: Breaking Dawn merupakan serial terakhir dari rangkaian novel Twilight milik Stephenie Meyer. Penulis berkebangsaan Amerika Serikat ini telah menuliskan tiga novel pendahulunya, yaitu Twilight, New Moon, dan Eclipse. Serial Breaking Dawn akan menjadi puncak dan penyelesaian dari novel bergenre romansa manusia dan vampir tersebut. Kisah cinta Bella Swan, seorang gadis berusia 18 tahun yang jatuh cinta kepada vampir tampan yang telah hidup ratusan tahun lalu berujung kepada keinginan Bella Swan untuk berubah menjadi vampir. Bella ingin Edward Cullen, kekasih vampirnya tersebut menjadi orang yang merubah dirinya untuk vampir baru.

Continue reading “Review Novel Twilight Saga: Breaking Dawn”

Review Novel Twilight Saga: Eclipse

Review Novel Twilight Saga: Eclipse

Twilight Saga: Eclipse merupakan serial buku ke tiga dari rangkaian novel Twilight karya dari Stephenie Meyer. Novel yang diproduksi pada tahun 2007 ini merupakan kelanjutan dari kisah asmara seorang gadis bernama Isabella Swan yang jatuh cinta dengan seorang vampir tampan bernama Edward Cullen. Selama masa kepedihan yang dialami oleh Bella Swan saat ditinggalkan oleh Edward Cullen, Bella memutuskan untuk berdiam diri dan mengalami mimpi buruk setiap malam.

Continue reading “Review Novel Twilight Saga: Eclipse”

Review Novel Twilight Saga: New Moon

Review Novel Twilight Saga: New Moon

Novel berjudul Twilight saga: New Moon merupakan serial kedua dari rangkaian novel Twilight karya Stephenie Meyer, seorang penulis kelahiran Amerika Serikat yang saat ini berusia 45 tahun. New Moon menceritakan kelanjutan dari kisah Isabella Swan, seorang gadis cantik berusia 17 tahun yang tinggal bersama ayahnya di suatu kota kecil bernama Forks.

Continue reading “Review Novel Twilight Saga: New Moon”

review novel romansa manusia vampir twilight

Review novel romansa manusia-vampir, twilight

Review novel romansa manusia vampir twilight Stephenie Meyer ialah seorang wanita kelahiran Amerika Serikat pada 24 Desember 1973 yang berprofesi sebagai penulis. Wanita berusia 45 tahun ini telah mempublikasikan karya-karya terkenal miliknya yang sangat diminati oleh banyak orang, yaitu Twilight Saga. Serial Twilight Saga dikemas ke dalam empat buah novel berbeda dan dikenal dengan nama Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn. Kesuksesan dalam penjualan novel berseri dari Twilight Saga tersebut membuka kesempatan baginya untuk memproduksi cerita novel ke dalam bentuk film. Seri pertama novel Twilight Saga yang dikenal sebagai Twilight menceritakan kisah kasih seorang gadis cantik yang jatuh cinta pada vampir.

Continue reading “Review novel romansa manusia-vampir, twilight”

cuplikan novel dilan 1990 part 1

Cuplikan Novel Dilan 1990 Part 1

Cuplikan Novel Dilan 1990 Part 1 Siapa yang tidak kenal dengan Dilan? Dilan sang pendongkrak dunia perfilman telah berhasil menembus 6 juta penonton dari sejak awal penayangannya di akhir Januari lalu. Ceritanya yang dikemas secara ringan dan mengisahkan kehidupan sepasang kekasih SMA dari sejak seorang pria yang berusaha mendekati pasangannya hingga mempertahankan hubungan mereka melalui gombalan-gombalan sederhana namun manis. Dilan bukanlah nama seorang aktris yang sedang naik pamor, melainkan Dilan merupakan judul sebuah film yang diadaptasi dari novel karangan Pidi Baiq. Naik pamornya film ini membuat para netizen di berbagai media sosial penasaran siapa sosok aslinya Dilan dan pasangannya Milea. Bahkan mereka membuat pernyataan mengada-ada bahwa Dilan tersebut ialah Pidi Baiq sang penulis novelnya, sedangkan Milea istri dari Pidi Baiq saat ini. Kebenaran terkait penyataan itu hanya Pidi Baiq dan Allah yang tahu.

Continue reading “Cuplikan Novel Dilan 1990 Part 1”