Apa Itu Novel?

Bantu Share Ke Teman Anda Dengan Menekan Tombol Dibawah Ini!

Apa Itu Novel Apa yang kalian ketahui tentang novel? Dibandingkan membaca buku pelajaran, apa yang lebih anda ingin baca novel, cerpen, komik atau lainnya? Mungkin dari dulu hingga sekarang anda belum tahu tentang arti novel itu sendiri, karena anda terlalu sibuk memilih membaca berbagai judul novel ternama dibandingkan mencari tahu arti dari novel. Mari kita simak langsung arti, perbedaan, ciri dari novel.

Novel ialah karya sastra prosa yang menggunakan unsur intrinsik dan ekstrinsik dengan memasukkan rangkaian cerita bisa dari kehidupan sehari-hari ataupun karangan. Inti dari novel terletak pada setiap karakter yang ditonjolkan watak dan sifatnya. Novel memiliki berbagai genre dari romantis, horor, sejarah, drama, komedi, petualangan. Terkadang novel bisa diciptakan dengan berseri-seri kelanjutan yang saling berhubungan antara seri pertama dan selanjutnya. Novel berasal dari Yunani dan Romawi klasik yang diperkenalkan pada abad pertengahan di awal roman modern. Novel pertama kali dinamai dengan novela yang berisi tentang gambaran cerita singkat kemudian di awal abad 18 nama novella diganti novel. Penulis yang mengarang novel dipanggil novelis. Perbedaan novel dengan karangan lainnya seperti cerpen terletak pada panjang pendeknya suatu cerita. Jika novel berisikan jalan cerita yang panjang bahkan bisa berseri-seri dan kompleks tanpa dibatasi, sedangkan cerpen ceritanya singkat hingga dibatasi ruang geraknya sesuai batasan struktural serta sajak.

Terkadang novel diangkat dari kisah nyata atau kehidupan sehari-hari oleh pengarangnya sendiri ataupun pengalaman orang lain. Tetapi jalan cerita novel tidak melulu dari kehidupan lingkungan saja, melainkan bisa berisikan cerita khayalan dari sang penulis. Pada sebuah novel pasti akan berisikan kandungan pesan tersembunyi dibalik ceritanya yang menyentuh maupun menegangkan. Semua itu semata-mata ingin disampaikan oleh sang penulis kepada khalayak umum. Pesan tersebut bisa berupa terkait kehiudupan sehari-hari, keadaan kondisi di masa tertentu hingga keyakinan oleh suatu kepercayaan.

Saat anda mendapatkan tugas untuk membedakan novel dengan karangan lain atau anda belum bisa membeda-bedakannya, maka akan dijabarkan pada artikel ini. Ciri –ciri novel memiliki jumlah kata biasanya berkisar 35.000 kata lebih, novel bisa mencapai 100 halaman atau bahkan beribu-ribu halaman, saat anda membaca novel membutuhkan waktu minimal 2 jam/ 120 menit untuk menyelesaikannya, ceritanya terdapat satu impresi, efek dan menimbulkan emosi dari sang pembaca, alur cerita sudah pasti harus kompleks, ceritanya sangat panjang dan resiko kalimat banyak diulang-ulang, novel identik dengan cerita yang diawali narasi dan dilanjutkan deskripsi untuk menggambarkan keadaan. Setiap novel dari berbagai tahun memiliki ciri yang berbeda-beda. Ciri-ciri di atas diperuntukkan novel terkini atau dari tahun 2000-an. Sedangkan ciri-ciri novel tahun 20 dan 30-an, diantaranya: kebanyakan novel temanya terkait adat dan pernikahan paksa, novel lebih banyak berisi kritikan tentang adat jaman dahulu, jalan ceritanya berfokus satu karakter yang menceritakan kehidupan dari lahir hingga meninggal, bahasanya masih kaku serta susah dipahami, menggunakan bahasa santun, konfliknya terkait seputar perselisihan nilai kehidupan, penggunaan bahasa sastra yang sekarang telah dianggap kata terlalu berlebihan. Novel remaja juga memiliki ciri-ciri sendiri yang lebih sering kita kenal, yakni tema selalu terkait pertemanan, persahabatan dan percintaan. Penggunaan bahasa yang santai dan sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, selebihnya cirinya sama dengan ciri novel pada umumnya. Dari penjelasan di atas semoga bisa membantu anda dalam mengetahui novel secara dalam, perbedaan dengan karangan lain dan ciri-cirinya.

2 thoughts on “Apa Itu Novel?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *